Kriteria Pendamping Hidup Menurut Islam



 Assalamu'alaikum sahabat Ma'had Manbaul Qur'an tercinta semoga dimanapun dan kapanpun kita berada, selalu dalam lindungan Allah SWT amiiin. 

Edisi kali ini kita akan membawakan Tema yang sedikit berbeda dari sebelumnya.

Pernikahan adalah suatu hal yang dimuliakan Allah SWT dan Rasulullah mensunahkannya karena terdapat begitu banyak berkah didalamnya.

Terlepas dari itu, Rasulullah SAW menjelaskan kriteria wanita Sholihah yang baik untuk di persunting serta dalam membina rumah tangga dia mampu menentramkan serta menyejukkan seisi rumah. Diriwayatkan dari Abu Hurairah R.A :


عن ابي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال:تنكح المرأة لاربع:لمالها،ولحسبها،ولجملها،ولدينها.فاظفر بذات الدين تربت يدك.(متفق عليه)


Artinya: Dari Abu Hurairah RA dari Rasulullah SAW : Beliau bersabda, "Seorang wanita dinikahi karena empat hal berikut ini: Kekayaan, garis keturunan (nasab), kecantikan dan agamanya. Maka pilihlah wanita yang konsisten dalam menjalankan agamanya dan berakhlak baik, bila kamu tidak memilihnya maka kamu akan payah

(HR Bukhori dan Muslim).


Diriwayatkan dari Abu Udzainah Ash-Shadafi RA, Rosulullah SAW bersabda:


"Sebaik-baik perempuan diantara kalian adalah yang sangat sayang kepada suami, subur(memiliki banyak anak), tidak kasar, membantu suami dalam kebaikan dan bertaqwa kepada Allah.

Dan seburuk-buruk perempuan diantara kalian adalah yang suka berdandan (ketika keluar rumah), sombong, merekalah perempuan- perempuan munafiq. Mereka  tidak masuk surga, kecuali seperti burung gagak bersayap putih (sangat langka). (HR Baihaqi dalam As Sunan 7:82).

Dalam hadits ini terdapat beberapa petunjuk mengenai karakter perempuan yang baik dan buruk menurut islam.


Berikut ini ringkasan beberapa kriteria wanita yang baik untuk di nikahi, yaitu:

1. Cinta kepada suami

2. Subur ( memiliki banyak anak)

3. Tidak kasar

4. Membantu suami dalam kebaikan

5. Bertaqwa kepada Allah.

 

Semoga artikel ini bisa menjadi panduan agar kita tidak salah memilih pasangan hidup.


Sekian dari kami semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada tutur kata yang tidak berkenan kami minta maaf. Jangan lupa share postingan ini agar bermanfaat bagi yang lainnya.




Kunjungi Media kami :

Ig @ppmambaul_quran

FB @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an

YT @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an



Penulis:MQ Media 22