Tuntunan Agama Menyangkut Tentang Makanan


 





Assalamualaikum sahabat Pondok Pesantren Manbaul Qur'an semua. Manusia dalam melangsungkan kehidupan tidak akan lepas dari yang namanya makanan.Makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Jika yang dimakan adalah makanan makanan yang baik, maka akan menimbulkan kebaikan pula bagi tubuh. Jika yang di makan adalah makanan makanan yang jelek maka akan menimbulkan kejelekan pula bagi tubuh. Di dalam Islam sendiri, permasalahan makanan sangat di perhatikan dan di hati - hati, karna sangat berpengaruh terhadap segala hal, hususnya dalam masalah agama dan ibadah.


Di dalam kitab Wasiyyatul Musthofa 

Lil Imam Ali Karromahullohu Wajhah di jelaskan:



1.Makanan Halal


يا علي. من اكل الحلال صفا دينه، ورق قلبه، ولم يكن لدعو ته حجاب


Wahai Ali, barang siapa yang makan makanan halal maka agamanya akan bersih, hatinya akan lembut, dan do'anya tidak akan terhalang.



2.Makanan Syubhat dan Haram


يا علي، من اكل الشبها ت اشتبه عليه دينه واظلم قلبه ومن اكل الحرام مات قلبه وخف دينه وضعف يقينه و حجب الله دعوته وقلت عبادته


Wahai Ali, barang siapa yang makan makanan syubhat, maka agamanya akan samar dan hatinya akan menjadi gelap. Dan barang siapa yang makan makanan haram maka akan mati hatinya, ringan agamanya, lemah keyakinannya, terhalang do'anya, dan sedikit ibadahnya.


Semoga kita semua, termasuk anak, cucu, istri, dan keluaraga kita, terjaga dari barang-barang haram. Sehingga, kita semua semakin diberi kelapangan dalam mencari jalan kedekatan kepada Allah ﷻ, tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta bahagia baik di dunia maupun di akhirat kelak. 



Sekian dari kami semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada tutur kata yang tidak berkenan kami minta maaf. Jangan lupa share postingan ini agar bermanfaat bagi yang lainnya.






Kunjungi Media kami :


Ig @ppmambaul_quran


FB @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an


YT @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an










Penulis:MQ Media 22