Pentingnya Menjadi Pribadi Yang Bermanfaat

 


Assalamualaikum sahabat Pondok Pesantren Manbaul Qur'an semua. Dalam menjalani kehidupan ini, kita tidak akan bisa lepas dari orang lain. Kita pasti membutuhkan teman, saudara, ataupun keluarga. Mulai dari dukungan, bantuan dan pertolongan. Alloh sendiri bersabda di dalam Al Qur'an :


وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَان


Artinya : “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (perbuatan) kebaikan dan ketakwaan, dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran” (QS. Al Maidah ayat 2)


Dari potongan Ayat tersebut, sudahlah jelas bahwa kita umat manusia di perintahkan Alloh untuk saling tolong menolong dalam hal kebaikan dan ketaqwaan. Maka dari itu, kita sebagai umat islam sudah sewajarnya untuk saling tolong menolong dengan sesama muslim.

Rosululloh bersabda:


خصلتان لا شيء أفضل منهما الإيمان بالله والنفع للمسلمين


Artinya: Dua hal paling utama yang tiada bandingannya yakni beriman kepada Allah dan bermanfaat bagi kaum muslimin.


Sumber : ( Syekh Nawawi Banten, Nashaihul Ibad,  Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah )


Selain hadist tersebut, di dalam hadist lain, Rosululloh juga menjelaskan tentang betapa mulianya orang orang yang melakukan kemanfaatan bagi sesama manusia. Yang mana Alloh sangat mencintai mereka. Sabda Beliau Nabi Saw:


عن ابن عمر ، أن رجلا جاء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم ، فقال : يا رسول الله أي الناس أحب إلى الله ؟ وأي الأعمال أحب إلى الله عز وجل ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أحب الناس إلى الله أنفعهم للناس ، وأحب الأعمال إلى الله سرور تدخله على مسلم ، أو تكشف عنه كربة ، أو تقضي عنه دينا ، أو تطرد عنه جوعا 


Artinya: Dari Ibnu Umar, bahwa seorang lelaki datang kepada Nabi SAW dan berkata, ”Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling diicintai Allah  dan amal apakah yang paling dicintai Allah SWT?”

Rasulullah SAW menjawab, ”Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat buat manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan kedalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan." (Di riwayatkan Imam Thobroni dari Al Mu'jam Al Kabir no:13646)



Sekian dari kami semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada tutur kata yang tidak berkenan kami minta maaf. Jangan lupa share postingan ini agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Kunjungi Media kami :


Ig @ppmambaul_quran


FB @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an


YT @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an








Penulis:MQ Media 22