Keutamaan Sholat Jama'ah

 




Assalamu'alaikum sahabat Manbaul Qur'an. Artikel kali ini kita akan menerangkan sedikit tentang sholat berjamaah. Sholat berjamaah adalah sholat yang dilakukan secara bersama. Paling sedikit dua orang, yang satu menjadi imam dan yang satu menjadi makmum.

Sholat berjamaah hukumnya sunnah muakkad, terlebih bagi seorang santri sholat berjamaah itu hukumnya wajib. seperti yang di dawuhkan Gus Aufa Kholili ketika ngaos " sak nakal- nakal e santri yen gelem istiqomah sholat jamaah sampe 40 dino nek shof pertama insyaAllah atine bakal kefutuh ". maksudnya " senakal- nakal nya santri apabila mau istiqomah sholat berjamaah 40 hari di shaf pertama insyaAllah terbuka hatinya ".


Baik atau tidaknya seseorang bisa dilihat dari sholat jamaah nya, apabila sholat jamaah nya baik ( rajin ) insyaAllah semua amalnya ikut baik. Begitupun sebaliknya. 


Sholat yang dilakukan secara berjamaah itu pahalanya 27 derajat di bandingkan sholat yang dikerjakan secara منفرد (sendirian) , yaitu hanya satu saja pahalanya. Bayangkan 27 derajat dengan 1 derajat bandingannya sangat jauh. Jadi kembali lagi sahabat ingin pilih 27 derajat atau 1 derajat. Jika dalam hal duniawi saja kita selalu ingin hal yg lebih banyak, apalagi tentang hal akhirat, tentu seharusnya kita mengharap sangat banyak. Karena itulah bekal yang sesungguhnya untuk kita kembali. 


Dalam menambah semangat kita melakukan sholat jamaah, berikut ini kami sampaikan beberapa keutamaan sholat berjamaah. Diantaranya:


1. Tidak akan pernah merasakan faqir ketika di dunia


2. Tidak akan di siksa di alam kubur


3. Menerima buku catatan amal dari tangan kanan


4. Melewati jembatan صراط المستقيم dengan cepat bagaikan kilat yang menyambar


5. Masuk surga tanpa di hisab


Selain itu, keutamaan lainnya dalam sholat berjamaah terkhusus orang yang melakukan sholat isya' secara berjamaah, maka orang tersebut seperti melakukan ibadah selama setengah malam. Dan orang yang melakukan sholat subuh berjamaah pahalanya seperti sholat semalam suntuk dengan syarat makmum mengetahui takbirotul ihrom imam.


Dalam hadits lain diriwayatkan dari Utsman bin Affan, Rasulullah bersabda:


مَن صَلىَّ العِشاءَ في جَمَاعةٍ، فكأنَّما قَامَ نِصفَ الليلِ، ومَن صلى الصبح في جماعة، فكأنما صلَّى الليلَ كلَّه


Artinya: Barang siapa yang melakukan shalat isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu. (HR. Muslim)


Mari kita tanamkan diri kita untuk bisa melakukan sholat berjamaah. Sebab dengan menjalankan banyak fadilahnya, Fadilah lain dari shalat berjamaah adalah diampuninya segala dosa dan dibalasnya ibadah shalat tersebut dengan pahala yang berlipat derajatnya.

Demikian penjelasan Keutamaan Sholat Berjamaah, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat. Wassalamualaikum wr wb.



Kunjungi Media kami :


Ig @ppmambaul_quran


FB @Pondok Pesantren Manbaul Qur'an


YT @Pondok Pesantren Manbaul Qur'an







Penulis : MQ Media 22