Pentingnya Menuntut Ilmu Dalam Islam

 



Assalamualaikum Sahabat Pondok Pesantren Manbaul Qur'an semua. Ilmu dari segi bahasa berarti pengetahuan. Kita tahu bahwa segala sesuatu itu pasti berhubungan dengan ilmu atau pengetahuan. Entah itu perkara dunia maupun perkara akhirat, semua berhubungan dengan ilmu. Tanpa ilmu semua akan sulit, rumit, bahkan tidak akan pernah bisa tercapai. Contoh kecil seorang yang bertani, Bertani tanpa ada ilmu tidak akan bisa. Mulai dari pembibitan, cara menanam, merawat, memupuk, hingga memanen. Kalaupun itu bisa tanpa ilmu, maka tidak akan maksimal. Bahkan akan menyebabkan banyak kerugian. Kerugian modal, tenaga dan waktu misalnya.

Begitu pula perkara akhirat.Jika tidak didasari dengan ilmu, maka akan sia sia belaka. Bahkan akan terjerumus dalam kesesatan. Nauzdubillah minzdalik. Semoga Alloh melindungi kita dari hal tersebut. Aamiiin

Begitulah sahabat, pentingnya ilmu bagi kita, hingga Rosululloh pun mewajibkan kepada kita semua umat islam untuk menuntut ilmu. Di dalam sabdanya:


طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة


Artinya: Menuntut ilmu itu wajib atas muslim laki² dan perempuan.


Selain itu, Rosulullohpun memberi gambaran kepada kita semua atas pentingnya menuntut ilmu dengan sabdanya:


اطلبوا العلم ولو بالصين


Artinya: Tuntutlah ilmu walau ke negri cina.


( Diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman, No. 1612 )



Sekian dari kami semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada tutur kata yang tidak berkenan kami minta maaf.Jangan lupa komen,like and share.

Kunjungi Media kami :


Ig @ppmambaul_quran


FB @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an


Yt @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an







Penulis:MQ Media 22