Kemuliaan Sikap Tawadhu'

 

Assalamualaikum sahabat Pondok Pesantren Manbaul Qur'an semua. Sikap Tawadhu'(merendah) adalah sikap yang sangat mulia di sisi alloh.Di dalam kitab Wasoya Lil Aaba' Wal Bina' di jelaskan :


يا بني، زينةالعلم التواضع والادب، فمن تواضع لله رفعه وحبب فيه خلقه


Wahai anakku, Penghias ilmu adalah sikap Tawadhu' dan adab. Barang siapa bersikap Tawadhu'(merendah) terhadap Alloh, maka Alloh tinggikan derajatnya, dan Alloh jadikan hati mahluk-Nya untuk mencintainya.



Selain itu, sikap Tawadhu' ini juga merupakan ciri khas orang orang yang ber ilmu.Di dalam kitab Wasiatul Musthofa Lil Imam Ali Karromahullohu Wajhah di jelaskan :


  يا علي، للعاقل ثلاث علامات : الاستعانة بالدنيا على الاخرة واحتمال الحفا والصبر على شدائد، وللعالم ثلاث علامات : صدق الكلام واجتناب الحرام والتواضع.

 

“Wahai Ali, orang yang punya akal waras itu ada tiga tanda. Yaitu menggunakan dunianya untuk kepentingan akhirat, mampu menahan derita, dan sabar atas segala coba'an. Dan orang yang Ber ilmu itu ada tiga tanda. Yaitu Jujur dalam berbicara, menjauhi perkara haram dan bersikap Tawadhu'(merendah).



Begitulah kiranya kemulian sikap Tawadhu' yang dapat kami sampaikan. Sekian dari kami semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada tutur kata yang tidak berkenan kami minta maaf. Jangan lupa share postingan ini agar bermanfaat bagi yang lainnya.





Kunjungi Media kami :


Ig @ppmambaul_quran


FB @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an


YT @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an











Penulis:MQ Media 22