Kemuliaan Ilmu Dan Orang Yang Berilmu Di Sisi Alloh

 


Assalamualaikum sahabat Pondok Pesantren Manbaul Qur'an semua.Ilmu itu cahaya.Dengannya kita bisa kenal dengan Alloh. Dengannya kita bisa kenal dengan Rosululloh. Dengannya kita bisa tahu tentang Akhirot. Untuk itu,sudahlah jelas,bahwa ilmu itu sangat mulia. Dan untuk itu juga, sudah sewajarnya orang yang menuntut ilmu,orang yang mengamalkan ilmu,akan di muliakan oleh Alloh SWT.


Di dalam Al Qur'an Alloh menyebut orang orang yang berilmu di urutan ketiga setelah Nama-Nya. Firman Alloh SWT:


شَهِدَ اللّٰهُ اَنَّهٗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۙ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ وَاُولُوا الْعِلْمِ قَاۤىِٕمًا ۢ بِالْقِسْطِ ۗ   لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ﴿آل عمران : ۱۸﴾


Artinya: Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha perkasa, Maha bijaksana. (QS. Ali 'Imran: 18)



Selain itu, Alloh juga berjanji di dalam Al Qur'an, akan mengangkat derajat orang orang yang berilmu dengan firman-Nya;


يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ


“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.“ (Al Mujadilah : 11).


Ibnu Abbas RA berkata: "Ketinggian derajat ulama' di banding orang orang mukmin ialah berbanding 700 derajat.Dan di antara 2 derajat,berjarak 500 tahun perjalanan".


Sumber: (lmam Abi Khamid Muhammad Bin Muhammad Al Ghazali dalam kitab Ihya' Ulumiddin)


Wallohu a'lam....



Sekian dari kami semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada tutur kata yang tidak berkenan kami minta maaf. Jangan lupa share postingan ini agar bermanfaat bagi yang lainnya.





Kunjungi Media kami :


Ig @ppmambaul_quran


FB @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an


YT @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an










Penulis:MQ Media 22