Jadikan Akhirat Tujuan Utama




 Assalamu'alaikum sahabat Manbaul Qur'an yang dimuliakan Allah SWT. Alhamdulillah bertemu lagi dengan kami dalam kegiatan yang bermanfaat ini semoga bisa menambah kadar keimanan kita kepada Allah SWT aminnn

Kali ini kami akan menerangkan dari salah satu sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:


اعمل لدنياك كانك تعيش ابدا واعمل لاخراتك كانك ميت غدا


"Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan-akan maut akan menjemputmu esok" ( HR. Baihaqy )



Hendaklah kita menganggap, bahwa maut senantiasa ada di samping kita. Siapa yang tahu, bahwa sisa ajal hanya tinggal sedikit saja. Padahal, kita sedang sibuk dengan urusan dunia dan membelakangi urusan akhirat.

Jika maut datang menyambar kita, sedang kita dalam keadaan seperti itu, niscaya kita akan kembali kepada Allah dalam kondisi belum siap.

Jika negoisasi bisa dilakukan, tentu kita akan memohon agar maut itu tidak datang sekarang. Sayangnya, semua itu mustahil terjadi.


Untuk itu, marilah kita jadikan dunia ini sebagai batu loncatan menggapai akhirat.

Hadapilah hidup ini dengan modal keimanan, ketaqwaan, tekad membaja, percaya pada kemampuan diri, serta jangan lupa harus dibarengi akal sehat dan berfikir positif.


Agar kita bisa memiliki beberapa modal di atas, kuncinya hati haruslah bersinar.

Di bawah ini ada beberapa hal yang membuat hati bersinar, yaitu:

1. Perut lapar

2. Bergaul dengan orang sholeh

3. Mengingat dosa-dosa yang lalu

4. Tidak berangan-angan


Demikianlah yang dapat kami sampaikan.

Semoga secuil keterangan di atas, bisa menambah kadar keimanan kita kepada Allah dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi

Aaamiin......



Semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua, apabila ada kata yang tidak berkenan kami minta maaf. Jangan lupa share postingan ini agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Kunjungi Media kami :

Ig @ppmambaul_quran

FB @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an

YT @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an




Penulis:MQ Media 22