Bahaya dan Akibat Harta Haram

 





Assalamualaikum sahabat Pondok Pesantren Manbaul Qur'an. Jika kita memiliki harta, maka hendaklah berhati-hati agar tidak ada harta haram didalamnya. Harta haram adalah harta yang di peroleh dari cara yang haram pula. Seperti contoh mencuri, korupsi, judi dan lain sebagainya. Secara bahasa, Haram berarti suatu hal yang di larang. Sedangkan menerjang larangan adalah dosa, selain berdosa maka pastilah ada akibat akibatnya. Berikut akibat dan bahaya harta haram :


Rosulullah bersabda:

 " من اشترى ثوبا بعشرة دراهم، وفي ثمنه درهم حرام، لم يقبل الله له صلاته مادام عليه "


“Barangsiapa membeli pakaian seharga sepuluh dirham dan di dalam ongkos tersebut terdapat satu dirham yang haram, maka Allah swt tidak akan menerima shalatnya selama dia memakainya." ( HR. Ahmad )


Sumber : ( Imam Abi Khamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali di dalam kitab Ihya'Ulumiddin Juz 2 )


Rosulullah juga bersabda:

من لم يبال من اين اكتسب المال لم يبال الله من اين أدخله النار


"Barang siapa tidak mahu tahu dari mana dia memperoleh harta, Maka Allah tidak mau tahu dari mana Ia memasukkannya ke neraka." ( HR Abu Manshur )


Sumber : ( Imam Abi Khamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali di dalam kitab Ihya'Ulumiddin Juz 2 )



Di dalam kitab Wasiyyatul Musthofa Lil Imam Ali Karromahullohu Wajhah juga di jelaskan :


يا علي، اذا غضب الله على احد رزقه مالا حراما. فاذل اشتد غضبه عليه وكل به شيطانا. يبارك له فيه ويصحبه ويشغله بالدنيا عن الدن. ويسهل له امور دنياه ويقول: الله غفور رحيم



"Wahai Ali, Jika Allah marah kepada seseorang maka Allah akan memberinya rezeki yang haram. Dan ketika Allah semakin marah kepada seseorang hamba maka Allah akan mewakilkan (memberi kuasa) kepada setan untuk menambah rezekinya dan menemaninya, menyibukannya dengan dunia serta melupakan agama. Memudahkan urusan dunianya dan setan berkata (menggoda dengan kalimat): Allah maha pengampun dan maha penyayang."



Naudubillah minzdalik, Semoga kita semua termasuk anak, cucu, istri, dan keluarga kita, terjaga dari barang-barang haram. Di mudahkan, dan di lapangkan dalam mencari rizki yang halal. Sehingga, kita semua semakin gampang untuk mendekatkan diri kepada Allah ﷻ, tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta bahagia baik di dunia maupun di akhirat kelak. Aamiiin 



Sekian dari kami semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada tutur kata yang kurang berkenan kami minta maaf. Jangan lupa share postingan ini agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Kunjungi Media kami :

Ig @ppmambaul_quran

FB @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an

YT @Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an


Penulis:MQ Media 22