Dawuh Masyayikh: 4 Perkara yang Diberikan Allah Kepada Umatnya

 






Assalamualaikum semua sahabat santri Pondok Pesantren Manba'ul Qur'an Talokwohmojo. Di terangkan Dalam Hadits Rosulullah SAW, yang artinya:

"Jadilah orang yang WARA', maka engkau akan menjadi hamba yang paling berbakti. Jadilah orang yang QONA'AH, maka engkau akan menjadi hamba yang paling bersyukur". HR. Ibnu Majah.

"Setiap orang pasti memimpikan punya hidup yang tentram dan bahagia. Namun, faktanya tidak seindah angan-angan. Ada banyak hal terjadi dan mungkin itu semua bukan keinginan. Meskipun demikian, islam mengajarkan agar manusia menerima takdir tersebut dengan sabar.


Jika dipikir kembali semua hal yang terjadi pada dasarnya mempunyai makna tersendiri dan mungkin jarang ada orang yang memahaminya. Bicara mengenai kehidupan, islam mempunyai pandangan tersendiri tentang hal tersebut. Tidak hanya itu saja, agama ini juga mengajarkan kepada para umatnya untuk selalu berpikir positif meskipun banyak kesulitan yang menghadang .



Kita bukan penduduk asli bumi, asal kita adalah surga. Tempat dimana Adam tinggal pertama kali. Kita tinggal disini hanya untuk sementara.

Untuk itu marilah kita mengingat dawuh-dawuh beliau yang akan kita jelaskan di bawah ini, agar kita tidak terlena dengan gemerlap dunia ini.


4 PERKARA YANG DIBERIKAN ALLAH KEPADA UMATNYA:

1. Kenikmatan
2. Cobaan           
3. Kuat menjalankan ibadah
4. Maksiat      
 
1. NIKMAT                                       
   
Hikmahnya: supaya kita bersyukur atas semua yang diberikan oleh Allah;     
                             
a. Meskipun terkadang kita mendapat musibah, mestinya kita masih bisa bersyukur atas nikmat-nikmat yang lain.                                                                                                                   
b. Sak enak-enak e wong mesti tau ngelakoni gak enak, sak gak enak-enak e wong mesti tau ngerasakno enak, maksudnya Setiap orang pasti pernah merasakan hal yang tidak bagus, juga sebaliknya. Pada intinya "kita  diperintahkan untuk SABAR dan SYUKUR".                                
                                                                     
2. COBAAN

a. Allah memberi cobaan kepada makhluknya supaya kita bisa berlatih untuk sabar.

3. KUAT MENJALANKAN IBADAH

a. Supaya kita bisa merasakan bahwa semua itu pemberian, pertolongan, dan anugrah dari Allah.

4. MAKSIAT

a. Mencuri, berzina, memfitnah orang lain, durhaka kepada orang tua, dan membunuh.

"Ojo tunda-tunda tobatmu,nak.....kita tidak akan pernah tau kapan ajal menjemput,yang datangnya tiba-tiba tidak pernah terduga". Firma Nabi Lukman AS.


Itulah beberapa point tentang kehidupan yang bisa kita amalkan dan lakukan di kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb. 


Terimakasih sudah selalu menyimak artikel dari Ponpes Manbaul Qur'an. Jangan lupa share artikel dan kunjungi instagram @ppmambaul_quran.